Monday, April 23, 2012

Teknik Memainkan Biola (Tangan Kiri)

Tangan kiri juga merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas hasil suara biola yang bagus.

Biasanya bila orang itu jarang melatih tangan kirinya, ia akan bermain dengan kurang baik dan hasil suara yang kurang bersih pada suara yang dihasilkannya. Nah inilah masalah yang harus dibenahi. Ini adalah salah satu contoh yang biasa terjadi

Untuk memegang biola (tangan kiri)
1

BENAR

2

SALAH

Perhatikan gambar di atas, pergelangan tangan yang benar ada pada posisi lurus. Jangan sampai ditekuk. karena efek yang terjadi adalah posisi gambar 1 yang mana pergelangan tangan di tekuk mengakibatkan tangan tidak bisa bergerak bebas. hal inilah yang mengakibatkan tangan kiri banyak mengalami kendala. karen pada gambar1 pergelangan tangan kiri menghambat gerakan tangan kiri untuk maju ke posisi yang lebih tinggi.



peranan tangan kanan dan kiri sangat penting dalam memproduksi suara yang bagus. Oleh karena itu latihlah tangan kanan dan kiri anda dengan baik dan benar maka akan menunjang untuk naik ke tingkatan anda belajar biola berikut nya..

Disini saya akan sedikit memberi masukan teknik atau cara yang perlu di perhatikan agar suara pada biola bisa keluar dengan bulat dan bagaimana bisa menghasilkan suara yang benar.

Lakukanlah tangganada dengan tempo yang pelan dan perhatikan apakah sudah benar intonasi setiap nadanya. Lakukan dengan menggunakan metronome atau alat ketukan tempo. dalam tangganada,Setiap nada nya lakukan selama 4 ketukan Lakukan presing pada tangan kanan. dan usahakan benar-benar presing yang berani. tetapi kita harus kontrol agar suara tidak pecah dan intonasi tetap setabil. lakukan bertahap hingga mencapai tempo yang cepat.

Kemudian tangan kiri juga tekan senar dengan kuat. Ingat.... jangan dulu pakai vibrasi untuk langkah awal tersebut. Terus lakukan hal ini rutin saat pemanasan tangganada. ( Gunanya untuk membiasakan otot tangan kanan dan kiri agar memiliki kekuatan dan karakter suara yang kuat) Banyak yang mengeluhkan atau takut senar cepat putus, janga kawatir Bila keadaan biola anda benar maka senar tidak mudah putus.( bila putus maka segeralah untuk di fiting up atau di cek ke service biola )

ini sifatnya mengeluarkan suara yang bulat dan tune colour yang bagus. kemudian langkah selanjutnya Lakukan dengan vibrasi. Tetapi vibrasi yang indah dan teratur. Dan tebalkan juga vibrasi anda. Tetapi ingat bila anda tidak terbiasa dengan hal ini maka sangat rawan intonasi anda geser karena vibrasi yang kuat. Tetapi jangan kawatir,,, bila anda sadar bahwa intonasi anda geser segeralah untuk membenahinya.

Lakukan ini setiap hari meskipun hanya 5-10 menit. Anda akan terbiasa untuk memainkan teknik yang benar.



dannn saya kira itu saja dulu untuk teknik tangan kiri.

Untuk teknik yang lain akan saya tuliskan di posting berikutnya...

Terimakasih...

0 comments: